Allah melipatgandakan kesakitan perempuan saat melahirkan

(Kejadian 3:16) - "Firman-Nya kepada perempuan itu: "Susah payahmu waktu mengandung akan Kubuat sangat banyak; dengan kesakitan engkau akan melahirkan anakmu; namun engkau akan berahi kepada suamimu dan ia akan berkuasa atasmu."

Mengapa Allah harus menambah kesakitan perempuan saat melahirkan karena ketidak patuhan Hawa pada-Nya?  Sebagian orang berpikir bahwa ini adalah hukuman yang tidak adil dengan membiarkan semua perempuan menderita hanya karena dosa Hawa.

Jawabannya terletak pada dua hal. Pertama, kita harus paham bahwa Hawa adalah yang dipakai oleh Allah untuk memenuhi bumi. Persetubuhannya dengan Adam pada mulanya dimaksudkan untuk menghasilkan anak-anak untuk dunia sempurna yang telah Allah ciptakan. Tetapi, Hawa telah memberontak dari Allah. Karena dosa membawa kesakitan dan penderitaan, maka sudah merupakan konsekwensi yang alamiah jika ia harus menderita dan kesakitan dalam salah satu hal yang merupakan alasan ia hadir di bumi: melahirkan keturunan untuk memenuhi bumi.

Kedua, Adam adalah "kepala"-nya. Ini adalah konsep Alkitabiah di mana laki-laki menjadi kepala keluarga untuk mewakili keluarganya. Kita lihat hal ini dalam Ibrani 7:7-10 ketika Lewi, turunan Abraham (yang cukup jauh di belakangnya), dikatakan telah membayar perpuluhan kepada Melkisedek ketika ia masih dalam tubuh Bapa leluhurnya Abraham, pada waktu itu Lewi masih belum ada di muka bumi. Dengan kata lain, Abraham mewakili keturunan-keturunanya karena ia adalah "kepala" dari keluarga dan keturunannya.

Adam adalah "kepala" Hawa. Ketika Adam jatuh, ia mewakili keturunan-keturunannya. Mereka mewarisi natur berdosa yang dibawa oleh Adam dalam dirinya demikian juga efek dari dosa atas Adam dan Hawa. Sehingga, keturunan-keturunannya akan menderita efek dari dosa ini dalam pribadi mereka sebagai akibat dilahirkan oleh orang tua yang berdosa. Kesakitan pada saat melahirkan semata-mata adalah akibat dari dosa.

 

 

 

 
 
CARM ison
 
 
CARM.org
Copyright 2014

CONTACT US:
CARM Office number: 208-466-1301
Office hours: M-F; 9-5 pm; Mountain Time
Email: [email protected]
Mailing Address: CARM, PO BOX 1353, Nampa ID 83653