Apakah Allah mencobai manusia?

  1. Allah mencobai Abraham (Kejadian 22:1) - "Setelah semuanya itu Allah mencoba Abraham. Ia berfirman kepadanya: "Abraham," lalu sahutnya: 'Ya, Tuhan.'"
    1. Alkitab bahasa Inggris versi KJV mengatakan, "And it came to pass after these things, that God did tempt Abraham, and said unto him, Abraham: and he said, Behold, here I am"
  2. Allah tidak mencobai siapapun (Yakobus 1:13) - "Apabila seorang dicobai, janganlah ia berkata: "Pencobaan ini datang dari Allah!" Sebab Allah tidak dapat dicobai oleh yang jahat, dan Ia sendiri tidak mencobai siapapun."

Menurut Enhanced Strong's Lexicon, kata "mencobai" berasal dari kata Ibrani "nacah".  Artinya "1) menguji, mencoba, 2) Menggoda, menguji kadar, mencobai, 3) men-tes, mencoba, membuktikan, menggoda."  Inilah mengapa dalam Versi KJV kata nacah diterjemahkan sebagai "tempt" (menggoda) sementara versi lain dalam bahasa Inggris: NASB, NIV, NKJV, ESV, dan RSV menerjemahkannya sebagai "menguji."  Karena sesungguhnya dalam Kejadian 22:1, Allah tidak menggoda Abraham supaya jatuh dalam dosa melainkan menguji kesetiaan Abraham. Mencobai yang dimaksud dalam Yakobus 1:13 adalah menggoda supaya manusia jatuh ke dalam dosa.

 

 

 

 
 
CARM ison
 
 
CARM.org
Copyright 2014

CONTACT US:
CARM Office number: 208-466-1301
Office hours: M-F; 9-5 pm; Mountain Time
Email: [email protected]
Mailing Address: CARM, PO BOX 1353, Nampa ID 83653