Apakah Allah mengatakan tentang korban pada saat bangsa Israel keluar dari Mesir?

  1. Allah mengatakan mengenai korban (Keluaran 20:24) - "Kaubuatlah bagi-Ku mezbah dari tanah dan persembahkanlah di atasnya korban bakaranmu dan korban keselamatanmu, kambing dombamu dan lembu sapimu. Pada setiap tempat yang Kutentukan menjadi tempat peringatan bagi nama-Ku, Aku akan datang kepadamu dan memberkati engkau."
  2. Allah tidak mengatakan mengenai korban (Yeremia 7:22) - "Sungguh, pada waktu Aku membawa nenek moyangmu keluar dari tanah Mesir Aku tidak mengatakan atau memerintahkan kepada mereka sesuatu tentang korban bakaran dan korban sembelihan;"

Dalama Yeremia 7:22, Allah berbicara mengenai "hari ketika" (kata "waktu" pada Yeremia 7:22 merupakan terjemahan dari bahasa Ibrani: "Yom" yang berarti hari), Ia membawa bangsa Israel keluar dari Mesir.  Pada hari itulah mereka mengambil jarahan dari Mesir dan berjalan keluar melepaskan diri dari perbudakan mereka. Keluaran 20 adalah waktu ketika Musa menerima 10 Perintah Allah. Jarak waktu antara masa orang Israel meninggalkan Mesir hingga mereka menerima kesepuluh perintah Allah di gunung Sinai adalah sekitar 3 bulanan.  "Pada bulan ketiga setelah orang Israel keluar dari tanah Mesir, mereka tiba di padang gurun Sinai pada hari itu juga." (Keluaran 19:1).  Karenanya, kita lihat bahwa memang bukan pada waktu orang Israel keluar dari Mesir, Allah membicarakan masalah korban. Hal itu baru dibicarakan tiga bulan kemudian di Gunung Sinai.

Berikut ini adalah ayat-ayat yang disarikan dari peristiwa Keluaran 12 ketika bangsa Israel menginggalkan Mesir hingga Keluaran 20 ketika mereka menerima 10 Perintah Allah. Ayat-ayat ini menunjukkan bahwa "hari ketika" (Ibraninya= "Yom") seperti yang dimaksud dalam Yeremia 7:22 itu mengacu pada hari keluarnya mereka dari tanah Mesir, bukan pada hari ketika mereka tiba di Sinai 3 bulan kemudian.

  1. "Lamanya orang Israel diam di Mesir adalah empat ratus tiga puluh tahun. 41Sesudah lewat empat ratus tiga puluh tahun, tepat pada hari itu juga, keluarlah segala pasukan TUHAN dari tanah Mesir." (Keluaran 12:40-41).
  2. "Dan tepat pada hari itu juga TUHAN membawa orang Israel keluar dari tanah Mesir, menurut pasukan mereka. (Keluaran 12:51)
  3. "Lalu berkatalah Musa kepada bangsa itu: "Peringatilah hari ini, sebab pada hari ini kamu keluar dari Mesir, dari rumah perbudakan; karena dengan kekuatan tangan-Nya TUHAN telah membawa kamu keluar dari sana. Sebab itu tidak boleh dimakan sesuatupun yang beragi. (Keluaran 13:3).

 

 

 

 
 
CARM ison
 
 
CARM.org
Copyright 2014

CONTACT US:
CARM Office number: 208-466-1301
Office hours: M-F; 9-5 pm; Mountain Time
Email: [email protected]
Mailing Address: CARM, PO BOX 1353, Nampa ID 83653