Apakah bumi ini akan bertahan selamanya?

  1. Bertahan selamanya
    1. (Mazmur 104:5) - "yang telah mendasarkan bumi di atas tumpuannya, sehingga takkan goyang untuk seterusnya dan selamanya."
    2. (Pengkhotbah 1:4) - "Keturunan yang satu pergi dan keturunan yang lain datang, tetapi bumi tetap ada."
  2. Tidak bertahan selamanya
    1. (Yesaya 65:17) - "Sebab sesungguhnya, Aku menciptakan langit yang baru dan bumi yang baru; hal-hal yang dahulu tidak akan diingat lagi, dan tidak akan timbul lagi dalam hati."
    2. (2 Petrus 3:10) - "Tetapi hari Tuhan akan tiba seperti pencuri. Pada hari itu langit akan lenyap dengan gemuruh yang dahsyat dan unsur-unsur dunia akan hangus dalam nyala api, dan bumi dan segala yang ada di atasnya akan hilang lenyap."

Konteks dari kutipan dari kitab Pengkhotbah di atas dapat dilihat dari ayat sebelumnya (3) yang mengatakan: "Apakah gunanya manusia berusaha dengan jerih payah di bawah matahari?" (Pengkhotbah 1:3). Dengan kata lain, perspektif (sudut pandang) dari kitab Pengkhotbah adalah sepenuhnya dari sudut pandang manusia. Hal yang sama juga terjadi pada kutipan dari kitab Mazmur di atas, yakni suatu deskripsi dengan memakai sudut pandang manusia. Karenanya, sang penulis jelas akan melihat bahwa seolah-olah bumi ini memang bertahan selama-lamanya sebab memang seperti itulah kelihatannya bumi kita ini. Tetapi, dalam Yesaya 65:17 dan 2 Petrus 3:10, konteks yang dipakai berbeda. Kedua bagian Alkitab ini sedang membicarakan suatu waktu di masa depan di mana langit dan bumi baru akan dibentuk. Perhatikanlah 2 Petrus.

"Tetapi hari Tuhan akan tiba seperti pencuri. Pada hari itu langit akan lenyap dengan gemuruh yang dahsyat dan unsur-unsur dunia akan hangus dalam nyala api, dan bumi dan segala yang ada di atasnya akan hilang lenyap. 11Jadi, jika segala sesuatu ini akan hancur secara demikian, betapa suci dan salehnya kamu harus hidup, 12yaitu kamu yang menantikan dan mempercepat kedatangan hari Allah. Pada hari itu langit akan binasa dalam api dan unsur-unsur dunia akan hancur karena nyalanya. 13Tetapi sesuai dengan janji-Nya, kita menantikan langit yang baru dan bumi yang baru, di mana terdapat kebenaran." (2 Petrus 3:10-12).

Karena dosa memang ada di dalam dunia, dunia dan segala hasil usahanya akan dimusnahkan dan dibersihkan, lalu suatu langit baru dan bumi baru akan menggantikan yang sekarang ini.

 

 

 

 
 
CARM ison