Apakah kata-kata terakhir Yesus?

  1. (Matius 27:46) - "Kira-kira jam tiga berserulah Yesus dengan suara nyaring: "Eli, Eli, lama sabakhtani?" Artinya: Allah-Ku, Allah-Ku, mengapa Engkau meninggalkan Aku?"
  2. (Markus 15:34) - "Dan pada jam tiga berserulah Yesus dengan suara nyaring: "Eloi, Eloi, lama sabakhtani?", yang berarti: Allahku, Allahku, mengapa Engkau meninggalkan Aku?
  3. (Lukas 23:46) - "Lalu Yesus berseru dengan suara nyaring: "Ya Bapa, ke dalam tangan-Mu Kuserahkan nyawa-Ku." Dan sesudah berkata demikian Ia menyerahkan nyawa-Nya."
  4. (Yohanes 19:30) - "Sesudah Yesus meminum anggur asam itu, berkatalah Ia: "Sudah selesai." Lalu Ia menundukkan kepala-Nya dan menyerahkan nyawa-Nya."

Penyusunan kembali berbagai teks Injil dalam Kronologi Penyaliban Yesus menunjukkan bahwa kalimat terakhir yang diucapkan Yesus adalah"Ya Bapa, ke dalam tangan-Mu Kuserahkan nyawa-Ku." (Lukas 23:46) di mana dalam ayat ini juga tercatat bahwa Ia menghembuskan nafasnya yang terakhir setelah mengucapkan kalimat itu. Anak kalimat "Ia menyerahkan nyawa-Nya" pada Lukas 23:46  berasal dari satu kata Yunani yaitu: ekpneo yang berarti menghembuskan nafas atau mati.

 

 

 

 
 
CARM ison
 
 
CARM.org
Copyright 2014

CONTACT US:
CARM Office number: 208-466-1301
Office hours: M-F; 9-5 pm; Mountain Time
Email: [email protected]
Mailing Address: CARM, PO BOX 1353, Nampa ID 83653