Apakah Konya mempunyai anak?

  1. Tanpa anak (Yeremia 22:28-30) - "Adakah Konya ini suatu benda yang hina, yang akan dipecahkan orang, atau suatu periuk yang tidak disukai orang? Mengapakah ia dicampakkan dan dilemparkan ke negeri yang tidak dikenalnya? 29 Hai negeri, negeri, negeri! Dengarlah firman TUHAN! 30 Beginilah firman TUHAN: "Catatlah orang ini sebagai orang yang tak punya anak, sebagai laki-laki yang tidak pernah berhasil dalam hidupnya; sebab seorangpun dari keturunannya tidak akan berhasil duduk di atas takhta Daud dan memerintah kembali di Yehuda."
  2. Punya seorang anak laki-laki (Matius 1:12) - "Sesudah pembuangan ke Babel, Yekhonya memperanakkan Sealtiel, Sealtiel memperanakkan Zerubabel,"

Konya adalah kependekan dari Yoyakhin yang juga dipanggil sebagai "Yoakim, Yekonya, Yekhonya, dan Konya), satu dari dua raja terakhir Yudea."1  Matius 1:12 menyatakan bahwa Yekhonya memperanakkan Sealtiel. Jika Yeremia 22:30 benar, maka bagaimana seorang yang tidak punya anak bisa mempunyai anak laki-laki?

Sederhana saja, konteks dari ayat di atas menunjukkan kepada kita apa yang dimaksudkan oleh Yeremia dengan istilah "orang yang tak punya anak". Ia mengatakan kepada kita bahwa tidak seorang pun dari keturunannya yang akan berhasil duduk di atas takhta Daud. Dalam silsilah Yesus dalam kitab Matius, Yekhonya dimasukkan di Lukas tidak. Karena, Matius memberikan garis legal keturunan dari Salomo hingga Yusuf. Lukas memberikan garis keturunan secara biologis (sungguh-sungguh melalui hungungan darah orang tua - anak) dari Natan, saudara Salomo hingga Maria. Sehingga, memang tidak ada keturunan Konya (Yekhonya) yang pernah duduk di atas tahta Daud.

  • 1. Achtemeier, Paul J., Th.D., Harper's Bible Dictionary, (San Francisco: Harper and Row, Publishers, Inc.) 1985.

 

 

 

 
 
CARM ison
 
 
CARM.org
Copyright 2014

CONTACT US:
CARM Office number: 208-466-1301
Office hours: M-F; 9-5 pm; Mountain Time
Email: [email protected]
Mailing Address: CARM, PO BOX 1353, Nampa ID 83653