Apakah semua ternak orang Mesir mati atau tidak?

  1. Semuanya mati (Keluaran 9:1-7) -"Berfirmanlah TUHAN kepada Musa: "Pergilah menghadap Firaun dan berbicaralah kepadanya: Beginilah firman TUHAN, Allah orang Ibrani: Biarkanlah umat-Ku pergi, supaya mereka beribadah kepada-Ku. 2Sebab jika engkau menolak membiarkan mereka pergi dan masih menahan mereka, 3maka ternakmu, yang ada di padang, kuda, keledai, unta, lembu sapi dan kambing domba, akan kena tulah TUHAN, yakni kena penyakit sampar yang dahsyat.  4Dan TUHAN akan membuat perbedaan antara ternak orang Israel dan ternak orang Mesir, sehingga tidak ada yang akan mati seekorpun dari segala ternak orang Israel."  5Selanjutnya TUHAN menentukan waktunya, firman-Nya: "Besoklah TUHAN akan melakukan hal itu di negeri ini." 6Dan TUHAN melakukan hal itu keesokan harinya; segala ternak orang Mesir itu mati, tetapi dari ternak orang Israel tidak ada seekorpun yang mati. 7Lalu Firaun menyuruh orang ke sana dan sesungguhnyalah dari ternak orang Israel tidak ada seekorpun yang mati. Tetapi Firaun tetap berkeras hati dan tidak mau membiarkan bangsa itu pergi."
  2. Tidak semuanya mati (Keluaran 9:18-21) - "Sesungguhnya besok kira-kira waktu ini Aku akan menurunkan hujan es yang sangat dahsyat, seperti yang belum pernah terjadi di Mesir sejak Mesir dijadikan sampai sekarang ini. 19"Oleh sebab itu, ternakmu dan segala yang kaupunyai di padang, suruhlah dibawa ke tempat yang aman; semua orang dan segala hewan, yang ada di padang dan tidak pulang berkumpul ke rumah, akan ditimpa oleh hujan es itu, sehingga mati." 20Maka siapa di antara para pegawai Firaun yang takut kepada firman TUHAN, menyuruh hamba-hambanya serta ternaknya lari ke rumah, 21tetapi siapa yang tidak mengindahkan firman TUHAN, meninggalkan hamba-hambanya serta ternaknya di padang."

Ada tiga penjelasan yang mungkin. Pertama, mungkin bahwa kata "semua" dalam ayat 6 di atas memang memiliki arti generik seperti halnya dalam kalimat "Mesir menguasai "seluruh" dunia" dan tentu saja tidak berarti Mesir sungguh-sungguh menguasai seluruh negara satu per satu di dunia ini, demikian juga kata "semua" di ayat ini tidak bermakna semua binatang satu per satu. Kedua, mungkin dalam selang waktu beberapa hari dari Keluaran 9:1-7 hingga 18-21, orang Mesir telah membeli ternak baru lagi dari sumber lain. Lagi pula, orang Israel pada masa itu "dimiliki" oleh orang Mesir sebagai budak dan karena tidak satu pun ternak orang Israel yang mati, orang mesir dapat dengan mudah mengambil ternak orang Israel itu menjadi ternak mereka sendiri. Ketiga, perhatikanlah bahwa dalam Keluaran 9:3 memakai keterangan tempat "di padang". Maka, bisa jadi bahwa hukuman ini memang hanya ditimpakan kepada hewan- hewan ternak di padang saja sementara binatang yang ada dalam kandang atau dalam gua tidak akan turut binasa.

 

 

 

 
 
CARM ison
 
 
CARM.org
Copyright 2014

CONTACT US:
CARM Office number: 208-466-1301
Office hours: M-F; 9-5 pm; Mountain Time
Email: [email protected]
Mailing Address: CARM, PO BOX 1353, Nampa ID 83653