Apakah Yesus menemui orang yang kerasukan setan itu di Gerasa atau Gadara?

  1. Two men (Matius 8:28) - "Setibanya di seberang, yaitu di daerah orang Gadara, datanglah dari pekuburan dua orang yang kerasukan setan menemui Yesus. Mereka sangat berbahaya, sehingga tidak seorangpun yang berani melalui jalan itu."
  2. One man (Markus 5:1-2) - "Lalu sampailah mereka di seberang danau, di daerah orang Gerasa. 2Baru saja Yesus turun dari perahu, datanglah seorang yang kerasukan roh jahat dari pekuburan menemui Dia."
  3. One man (Lukas 8:26-27) - "Lalu mendaratlah Yesus dan murid-murid-Nya di tanah orang Gerasa yang terletak di seberang Galilea. 27Setelah Yesus naik ke darat, datanglah seorang laki-laki dari kota itu menemui Dia; orang itu dirasuki oleh setan-setan dan sudah lama ia tidak berpakaian dan tidak tinggal dalam rumah, tetapi dalam pekuburan."

Matius mengatakan di "Gadara" sementara Markus dan Lukas mengatakan di "Gerasa." Ada dua kemungkinan dalam menjelaskan perbedaan ini: Pertama, mungkin telah terjadi kekeliruan kecil dalam penyalinan ejaan karena memang terdapat perbedaan ejaan dalam manuskrip-manuskrip yang berbeda. Kedua, Gadara mungkin merupakan ibukota dari daerah Gerasa dan Matius menyebutkannya.

 

 

 

 
 
CARM ison
 
 
CARM.org
Copyright 2014

CONTACT US:
CARM Office number: 208-466-1301
Office hours: M-F; 9-5 pm; Mountain Time
Email: [email protected]
Mailing Address: CARM, PO BOX 1353, Nampa ID 83653