Apakah Yesus menyuruh murid-murid-Nya membawa tongkat atau tidak?

  1. Boleh bawa tongkat 
    1. (Markus 6:8) - "dan berpesan kepada mereka supaya jangan membawa apa-apa dalam perjalanan mereka, kecuali tongkat, rotipun jangan, bekalpun jangan, uang dalam ikat pinggangpun jangan."
  2. Tidak boleh bawa tongkat 
    1. (Matius 10:9-10) - "Janganlah kamu membawa emas atau perak atau tembaga dalam ikat pinggangmu. 10Janganlah kamu membawa bekal dalam perjalanan, janganlah kamu membawa baju dua helai, kasut atau tongkat, sebab seorang pekerja patut mendapat upahnya."
    2. (Lukas 9:3) - "kata-Nya kepada mereka: "Jangan membawa apa-apa dalam perjalanan, jangan membawa tongkat atau bekal, roti atau uang, atau dua helai baju."

Tidak ditemukan adanya varian tekstual dalam manuskrip-manuskrip Yunaninya yang mungkin bisa mengakibatkan perbedaan ini. Kata "membawa" dalam Markus 6:8 dan Lukas 9:3 adalah "airo". Dalam Matius 10:9, asal kata "membawa" adalah "ktaomai." Tiap catatan mengenai bagian ini selalu didahului oleh pembangkitan seorang gadis yang mati sehingga konteks dari masing-masing ayat di atas adalah sama. Sangat mungkin masih ada varian tekstual yang belum diketemukan. Tetapi, ini bukanlah penjelasan yang dapat saya terima karena  penjelasan ini kekurangan bukti. Lalu, bagaimanakah kita merekonsiliasikan kesulitan ini?

Penjelasan terbaik yang dapat saya berikan adalah bahwa Matius mengklarifikasikan perintah ini dengan menuliskan bahwa para murid diperintahkan untuk tidak membawa apa pun lagi selain apa yang sudah mereka miliki. Mungkin bahwa kata "membawa" dalam Markus dan Lukas dapat ditafsirkan sebagai mengambil, tetapi saya pikir ini adalah penjelasan yang sangat lemah. Bagaimanapun, tiap ayat menyatakan agar para murid pergi sebagaimana mereka adanya, tanpa membawa perbekalan apa pun. Hanya bersandar kepada Allah.

Harus saya akui saya pun tidak sepenuhnya puas dengan penjelasan ini dan akan saya usahakan membuat klarifikasi lebih jauh di waktu yang akan datang jika dapat.

 

 

 

 
 
CARM ison