Apakah Yudas mati gantung diri atau terjatuh?

  1. Gantung diri (Matius 27:3-8) - "Pada waktu Yudas, yang menyerahkan Dia, melihat, bahwa Yesus telah dijatuhi hukuman mati, menyesallah ia. Lalu ia mengembalikan uang yang tiga puluh perak itu kepada imam-imam kepala dan tua-tua, 4dan berkata: "Aku telah berdosa karena menyerahkan darah orang yang tak bersalah." Tetapi jawab mereka: "Apa urusan kami dengan itu? Itu urusanmu sendiri!"    5Maka iapun melemparkan uang perak itu ke dalam Bait Suci, lalu pergi dari situ dan menggantung diri.  6Imam-imam kepala mengambil uang perak itu dan berkata: "Tidak diperbolehkan memasukkan uang ini ke dalam peti persembahan, sebab ini uang darah." 7Sesudah berunding mereka membeli dengan uang itu tanah yang disebut Tanah Tukang Periuk untuk dijadikan tempat pekuburan orang asing. 8Itulah sebabnya tanah itu sampai pada hari ini disebut Tanah Darah."
  2. Terjatuh (Kisah 1:16-19) - "Hai saudara-saudara, haruslah genap nas Kitab Suci, yang disampaikan Roh Kudus dengan perantaraan Daud tentang Yudas, pemimpin orang-orang yang menangkap Yesus itu. 17Dahulu ia termasuk bilangan kami dan mengambil bagian di dalam pelayanan ini." 18--Yudas ini telah membeli sebidang tanah dengan upah kejahatannya, lalu ia jatuh tertelungkup, dan perutnya terbelah sehingga semua isi perutnya tertumpah ke luar. 19Hal itu diketahui oleh semua penduduk Yerusalem, sehingga tanah itu mereka sebut dalam bahasa mereka sendiri "Hakal-Dama", artinya Tanah Darah--.

Tidak ada kontradiksi sama sekali di antara kedua ayat ini karena kedua-duanya benar. Suatu kontradiksi terjadi jika pernyataan yang satu memustahilkan terjadinya apa yang disampaikan oleh pernyataan kedua. Faktanya, yang terjadi di sini adalah Yudas menggantung dirinya hingga mati lalu jatuh dan perutnya pecah. Dengan kata lain, tali atau dahan tempat ia menggantung dirinya putus lalu karena berat badannya ia jatuh dan isi perutnya terburai keluar.

Juga, perhatikanlah bahwa Matius 27:3-8 mengatakan kepada kita secara spesifik bagaimana Yudas mati, yaitu dengan gantung diri. Kisah Para Rasul 1:16-19 hanya mengatakan kepada kita bahwa ia jatuh tertelungkup dan isi perutnya tertumpah keluar. Kisah Para Rasul sama sekali tidak mengatakan bahwa ini adalah penyebab kematian sementara Matius menjelaskan bahwa gantung diri adalah penyebab kematiannya.

 

 

 

 
 
CARM ison
 
 
CARM.org
Copyright 2014

CONTACT US:
CARM Office number: 208-466-1301
Office hours: M-F; 9-5 pm; Mountain Time
Email: [email protected]
Mailing Address: CARM, PO BOX 1353, Nampa ID 83653