Di manakah pertama kali Yesus bertemu Simon Petrus dan Andreas?

Tidak ada kontradiksi sama sekali di sini. Kronologi kejadiannya akan menjadi jelas jika kita memperhatikan tabel di bawah ini. Dalam Yohanes 1:35, Yohanes Pembaptis sedang bersama murid-muridnya. Ia mengatakan kepada mereka bahwa Yesus adalah "Domba Allah" (ayat 36) dan mereka kemudian tinggal sebentar bersama Yesus (ayat 37). Dalam Yohanes 1:40-42, Andreas pergi dan mendapatkan Simon Petrus dan membawanya kepada Yesus dan Petrus mau. Mengapa? Karena Andreas telah tinggal bersama Yesus beberapa waktu lamanya dan menceritakan kepada Simon Petrus bahwa Yesus adalah sang Mesias (ayat 41). Tetapi mereka belum dipanggil Yesus untuk menjadi murid-Nya. Belakangan, dalam Matius 4:18, Yesus sedang berjalan di tepi Danau Galilea dan Ia melihat Simon Petrus dan Andreas sedang menangkap ikan. Di sinilah pertama kali Ia memanggil mereka untuk mengikuti-Nya (ayat 4:19). Mereka taat dan ikut Yesus (4:20). Tidak ada kontradiksi sama sekali.

Kejadian Matius 4:18-20 Yohanes 1:35-42
Yohanes Pembaptis melihat Yesus 35 Pada keesokan harinya Yohanes berdiri di situ pula dengan dua orang muridnya.
"Anak Domba Allah" 36 Dan ketika ia melihat Yesus lewat, ia berkata: "Lihatlah Anak domba Allah!"
Yesus mengajak mereka ke rumah. 39 Ia berkata kepada mereka: "Marilah dan kamu akan melihatnya." Merekapun datang dan melihat di mana Ia tinggal, dan hari itu mereka tinggal bersama-sama dengan Dia; waktu itu kira-kira pukul empat.
Andreas mengikut Yesus.
40 Salah seorang dari keduanya yang mendengar perkataan Yohanes lalu mengikut Yesus adalah Andreas, saudara Simon Petrus.
Pertama-tama, Andreas mencari Petrus 41 Andreas mula-mula bertemu dengan Simon, saudaranya, dan ia berkata kepadanya: "Kami telah menemukan Mesias (artinya: Kristus)."
Andreas membawa Simon kepada Yesus 42 Ia membawanya kepada Yesus. Yesus memandang dia dan berkata: "Engkau Simon, anak Yohanes, engkau akan dinamakan Kefas (artinya: Petrus)." 
Yesus di tepi Danau Galilea, melihat Andreas 18 Dan ketika Yesus sedang berjalan menyusur danau Galilea, Ia melihat dua orang bersaudara, yaitu Simon yang disebut Petrus, dan Andreas, saudaranya. Mereka sedang menebarkan jala di danau, sebab mereka penjala ikan.
Yesus berkata kepada Andreas dan Simon, "Ikutlah Aku..."
19 Yesus berkata kepada mereka: "Mari, ikutlah Aku, dan kamu akan Kujadikan penjala manusia."
4:20 Lalu merekapun segera meninggalkan jalanya dan mengikuti Dia.

 

 

 

 

 
 
CARM ison