Keakuratan Ilmiah dari Alkitab

Banyak orang yang meragukan kebenaran Alkitab karena berbagai-bagai alasan. Salah satunya adalah bahwa Alkitab tidak akurat secara ilmiah. Tetapi pendapat ini tidaklah benar. Alkitab pada dasarnya memang bukanlah buku mengenai ilmu pengetahuan, namun ketika ia membicarakan sesuatu secara ilmiah, ia akurat. Faktanya, ia bahkan sudah akurat jauh sebelum buku-buku ilmiah lain ditulis. Pertimbangkanlah hal-hal berikut ini.

  1. Bentuk bumi
    1. "Dia yang bertakhta di atas bulatan bumi yang penduduknya seperti belalang; Dia yang membentangkan langit seperti kain dan memasangnya seperti kemah kediaman! (Yesaya 40:22).
      1. Bagian ini bisa ditafsirkan sebagai pendukung dari pendapat bahwa bumi itu berbentuk bulat.
  2. Bumi ini tidak ditopang atau bergantung pada apa pun
    1. "Allah membentangkan utara di atas kekosongan, dan menggantungkan bumi pada kehampaan." (Ayub 26:7).
      1. Bagian ini sungguh menarik mengingat bahwa kosmologi dari berbagai kultur yang ada pada zaman itu tidak ada yang menganggap bahwa bumi ini berdiri tanpa penyangga, melainkan mereka biasanya mengatakan bahwa bumi ditunjang oleh pilar-pilar, atau orang tertentu, atau binatang tertentu.
  3. Bintang-bintang tak terhitung banyaknya
    1. "Lalu TUHAN membawa Abram ke luar serta berfirman: "Coba lihat ke langit, hitunglah bintang-bintang, jika engkau dapat menghitungnya." Maka firman-Nya kepadanya: "Demikianlah banyaknya nanti keturunanmu." " (Kejadian 15:5).
  4. Adanya lembah-lembah/ palung di dalam lautan
    1. "Lalu kelihatanlah dasar-dasar laut, alas-alas dunia tersingkap karena hardikan TUHAN karena hembusan nafas dari hidung-Nya " (2 Samuel 22:16 ). Catatan: Frasa "dasar-dasar laut" dalam Alkitab Bahasa Indonesia berasal dari bahasa Ibrani:'phyq, artinya: lembah, dasar, saluran
  5. Adanya sumber-sumber mata air dan air mancur di dalam laut  
    1. "Pada waktu umur Nuh enam ratus tahun, pada bulan yang kedua, pada hari yang ketujuh belas bulan itu, pada hari itulah terbelah segala mata air samudera raya yang dahsyat dan terbukalah tingkap-tingkap di langit" (Kejadian 7:11 ). Lihat juga Kejadian 8:2; Amsal 8:28 .
  6. Adanya alur aliran air laut (arus lautan) di laut
    1. "Ya TUHAN, Tuhan kami, betapa mulianya nama-Mu di seluruh bumi!...Jika aku melihat langit-Mu, buatan jari-Mu, bulan dan bintang-bintang yang Kautempatkan,...Engkau membuat dia berkuasa atas buatan tangan-Mu; segala-galanya telah Kauletakkan di bawah kakinya:...burung-burung di udara dan ikan-ikan di laut, dan apa yang melintasi arus lautan" (Mazmur 8:1,3,6,8).
  7. Daur hidrologis
    1. "Ia membungkus air di dalam awan-Nya, namun awan itu tidak robek" (Ayub 26:8).
    2. "Ia menarik ke atas titik-titik air, dan memekatkan kabut menjadi hujan,yang dicurahkan oleh mendung, dan disiramkan ke atas banyak manusia" (Ayub 36:27-28)
    3. "Angin bertiup ke selatan, lalu berputar ke utara, terus-menerus ia berputar, dan dalam putarannya angin itu kembali. Semua sungai mengalir ke laut, tetapi laut tidak juga menjadi penuh; ke mana sungai mengalir, ke situ sungai mengalir selalu (Pengkotbah 1:6-7).
  8. Konsep entropi
    1. "Dahulu sudah Kauletakkan dasar bumi, dan langit adalah buatan tangan-Mu.Semuanya itu akan binasa, tetapi Engkau tetap ada, dan semuanya itu akan menjadi usang seperti pakaian, seperti jubah Engkau akan mengubah mereka, dan mereka berubah;" (Mazmur 102:22-26).
  9. Natur kesehatan, Sanitasi, dan penyakit
    1. Daftar mendetil dari bagian ini akan menjadi terlalu banyak bagi satu halaman saja. Silakan and abaca sendiri di Imamat pasal 12-14.

 

 

 

 
 
CARM ison