Kemanakah pertama kalinya iblis membawa Yesus, ke bubungan atau tempat lain?

  1. (Lukas 4:5) - "Kemudian ia membawa Yesus ke suatu tempat yang tinggi dan dalam sekejap mata ia memperlihatkan kepada-Nya semua kerajaan dunia."
  2. (Matius 4:5) - "Kemudian Iblis membawa-Nya ke Kota Suci dan menempatkan Dia di bubungan Bait Allah,"
  3. (Lukas 4:9) - "Kemudian ia membawa Yesus ke suatu tempat yang tinggi dan dalam sekejap mata ia memperlihatkan kepada-Nya semua kerajaan dunia..."
  4. (Matius 4:8) - "Dan Iblis membawa-Nya pula ke atas gunung yang sangat tinggi dan memperlihatkan kepada-Nya semua kerajaan dunia dengan kemegahannya,"

Sama sekali tidak terdapat kontradiksi di sini. Yang perlu kita lakukan adalah menjejerkan ayat-ayat dari masing-masing Injil bersebelah-belahan untuk dapat melihat dengan jelas urutan kejadiannya. Jika kita telah melakukannya, maka kita akan bisa melihat bahwa Yesus dibawa ke tempat tinggi tiga kali. Perhatikan daftar di bawah ini.

Dengan gampang kita lihat bahwa Lukas 4:5 adalah pertama kali dicatat Yesus di bawa ke suatu tempat tertentu, "Kemudian ia membawa Yesus ke suatu tempat yang tinggi dan dalam sekejap mata ia memperlihatkan kepada-Nya semua kerajaan dunia."  Baru belakangan dalam Lukas 4:9 Yesus dibawa ke bubungan Bait Allah.  Sehingga, jawabannya pun sederhana: Yesus pertama-tama diangkat tinggi-tinggi sehingga bisa melihat seluruh kerajaan di dunia. Sesudah itu baru dibawa ke bubungan Bait Allah. Setelah itu sekali lagi iblis menawarkan kekuasaan dunia membawa Yesus dengan membawa-Nya ke gunung tinggi, dalam bahasa Yunaninya Matius 4:8 dimulai dengan kata : "palin" yang artinya = sekali lagi, lagi. Sehingga seharusnya ayat ini diterjemahkan sebagai, "Dan Iblis membawa-Nya pula ke atas gunung yang sangat tinggi..." Terjemahan yang lebih baik ini dapat dilihat pada Alkitab Bahasa Inggris.

Untuk dapat melihat keseluruhan konteks dari masing-masing ayat, secara berurutan, dan membandingkan ayat-ayat itu, silakan baca tabel di bawah ini.

Kejadian

Matius 4:1-11 Lukas 4:1-13
Yesus di padang gurun 1 Maka Yesus dibawa oleh Roh ke padang gurun untuk dicobai Iblis. 1 Yesus, yang penuh dengan Roh Kudus, kembali dari sungai Yordan, lalu dibawa oleh Roh Kudus ke padang gurun.
40 hari berpuasa 2 Dan setelah berpuasa empat puluh hari dan empat puluh malam, akhirnya laparlah Yesus. 2 Di situ Ia tinggal empat puluh hari lamanya dan dicobai Iblis. Selama di situ Ia tidak makan apa-apa dan sesudah waktu itu Ia lapar.
rubah batu jadi roti 3 Lalu datanglah si pencoba itu dan berkata kepada-Nya: "Jika Engkau Anak Allah, perintahkanlah supaya batu-batu ini menjadi roti." 3 Lalu berkatalah Iblis kepada-Nya: "Jika Engkau Anak Allah, suruhlah batu ini menjadi roti."
"bukan dari roti saja" 4 Tetapi Yesus menjawab: "Ada tertulis: Manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi dari setiap firman yang keluar dari mulut Allah." 4 Jawab Yesus kepadanya: "Ada tertulis: Manusia hidup bukan dari roti saja."

iblis menunjuk-kan semua kerajaan dunia

5 Kemudian ia membawa Yesus ke suatu tempat yang tinggi dan dalam sekejap mata ia memperlihatkan kepada-Nya semua kerajaan dunia.
iblin menjanjikan kuasa pada Yesus
6 Kata Iblis kepada-Nya: "Segala kuasa itu serta kemuliaannya akan kuberikan kepada-Mu, sebab semuanya itu telah diserahkan kepadaku dan aku memberikannya kepada siapa saja yang kukehendaki.
penyembahan palsu 7 Jadi jikalau Engkau menyembah aku, seluruhnya itu akan menjadi milik-Mu."
penyembahan sejati 8 Tetapi Yesus berkata kepadanya: "Ada tertulis: Engkau harus menyembah Tuhan, Allahmu, dan hanya kepada Dia sajalah engkau berbakti!"
iblis membawa Yesus ke bubungan

jatuhkan diri-Mu

5 Kemudian Iblis membawa-Nya ke Kota Suci dan menempatkan Dia di bubungan Bait Allah, 6 lalu berkata kepada-Nya: "Jika Engkau Anak Allah, jatuhkanlah diri-Mu ke bawah, sebab ada tertulis: Mengenai Engkau Ia akan memerintahkan malaikat-malaikat-Nya dan mereka akan menatang Engkau di atas tangannya, supaya kaki-Mu jangan terantuk kepada batu."
9 Kemudian ia membawa Yesus ke Yerusalem dan menempatkan Dia di bubungan Bait Allah, lalu berkata kepada-Nya: "Jika Engkau Anak Allah, jatuhkanlah diri-Mu dari sini ke bawah,
10 sebab ada tertulis: Mengenai Engkau, Ia akan memerintahkan malaikat-malaikat-Nya untuk melindungi Engkau,'
11  dan mereka akan menatang Engkau di atas tangannya, supaya kaki-Mu jangan terantuk kepada batu."
jangan mencobai Allah 7 Yesus berkata kepadanya: "Ada pula tertulis: Janganlah engkau mencobai Tuhan, Allahmu!"
12 Yesus menjawabnya, kata-Nya: "Ada firman: Jangan engkau mencobai Tuhan, Allahmu!"
membawa Yesus ke atas gunung yang tinggi 8 Dan Iblis membawa-Nya pula ke atas gunung yang sangat tinggi dan memperlihatkan kepada-Nya semua kerajaan dunia dengan kemegahannya,
iblis menjanjikan kekuasaan 9 dan berkata kepada-Nya: "Semua itu akan kuberikan kepada-Mu, jika Engkau sujud menyembah aku."
sembah dan berbakti kepada Allah saja
10 Maka berkatalah Yesus kepadanya: "Enyahlah, Iblis! Sebab ada tertulis: Engkau harus menyembah Tuhan, Allahmu, dan hanya kepada Dia sajalah engkau berbakti!"
11 Lalu Iblis meninggalkan Dia, dan lihatlah, malaikat-malaikat datang melayani Yesus. 13 Sesudah Iblis mengakhiri semua pencobaan itu, ia mundur dari pada-Nya dan menunggu waktu yang baik.

Catatan: ayat-ayat dikutip dari Alkitab Terjemahan Baru - LAI.

 

 

 

 
 
CARM ison
 
 
CARM.org
Copyright 2014

CONTACT US:
CARM Office number: 208-466-1301
Office hours: M-F; 9-5 pm; Mountain Time
Email: [email protected]
Mailing Address: CARM, PO BOX 1353, Nampa ID 83653