Kitab-kitab Perjanjian Lama

Perjanjian Lama - 39 kitab seluruhnya

Pentatuk (kelima kitab Musa) - 5 kitab
Kejadian, Keluaran, Imamat, Bilangan, Ulangan

Kitab-kitab Sejarah - 12 kitab
Yosua, Hakim-hakim, Rut, 1 Samuel, 2 Samuel, 1 Raja-Raja, 2 Raja-Raja, 1 Tawarikh, 2 Tawarikh, Ezra, Nehemia, Ester.

Puisi - 5 kitab
Ayub, Mazmur, Amsal, Pengkhotbah, Kidung Agung

Nubuat - 17 kitab
Nabi-nabi besar - Yesaya, Yeremia, Ratapan, Yehezkiel, Daniel
Nabi-nabi kecil   - Hosea, Yoel, Amos, Obaja, Yunus, Mikha, Nahum, Habakuk, Zefanya, Hagai, Zakharia, Maleakhi.

Pentatuk (kelima kitab Musa) - 5 kitab

  1. Kejadian - Penciptaan, Kejatuhan, Banjir besar, penyebaran bangsa-bangsa, Abraham, Ishak, Yakub, dan Yusuf. Perbudakan di Mesir.
  2. Keluaran - Perbudakan, Musa, 10 tulah, Paskah, Meninggalkan Mesir, Penyeberangan Laut Merah, Gunung Sinai dan kesepuluh Perintah Allah.
  3. Imamat - Perintah-perintah mengenai sistem korban dan keimaman. Perintah-perintah mengenai kesucian moral.
  4. Bilangan - Masih di Gunung Sinai, rakyat Israel membuat patung untuk disembah, penghukuman, 40 tahun pengembaraan di padang gurun dimulai.
  5. Ulangan - Penjelasan Musa mengenai tindakan Allah atas bangsa Israel, Kesepuluh Firman (Perintah Allah), hukum-hukum mengenai tata cara ibadah, hukum sosial dan sipil, and pembaharuan perjanjian.

Kitab-kitab Sejarah - 12 kitab seluruhnya

  1. Yosua - Paruh pertama kitab Yosua berbicara tentang 7 tahun penaklukan Tanah Perjanjian. Paruh kedua mengenai pembagian Tanah tersebut kepada bangsa Israel.
  2. Hakim-hakim - Masa Hakim-hakim. Banyak yang jahat. Bangsa Israel tidak mengusir semua penduduk Kanaan dan mulai mengambil bagian dalam penyembahan berhala. 7 putaran penindasan bangsa asing, penyesalan, dan pembebasan. Namun akhirnya, bangsa Israel gagal memetik pelajaran dari kejadian-kejadian tersebut.
  3. Rut - Boas mendapat hak menebus Rut, menebus Rut si orang Moab. Berbicara mengenai kebajikan, kasih, dan kesetiaan kepada Tuhan.

Ke 6 kitab berikut berbicara mengenai masa antara Samuel hingga Pembuangan

  1. Satu Samuel - Samuel membawa bangsa Israel dari masa hakim-hakim ke Raja Saul
  2. Dua Samuel - Daud menjadi raja, berzinah, dan membunuh.
  3. Satu Raja-Raja - Salomo, kerajaan Israel menjadi kuat. Solomo mati dalam tahun 931 S.M., lalu perpecahan suku-suku: 10 ke utara dan 2 ke selatan.
  4. Dua Raja-Raja - Kerajaan yang terpecah. Ke 19 raja-raja Israel adalah raja yang jahat; karenanya, ditawan di Assiria (722 S.M.). Di Yudea, 8 dari ke 19 raja adalah raja yang jahat namun ikut dibuang juga.
  5. Satu Tawarikh - Menceritakan kembali sejarah bangsa Israel hingga meninggalnya Daud.
  6. Dua Tawarikh - Menceritakan riwayat Salomo, pembangunan Bait Allah. Sejarah Yehuda.

Tiga kitab berikutnya bertutur tentang restorasi Israel.

  1. Ezra - Raja Koresy mengijinkan sebagian besar bangsa Israel kembali ke tanah Israel. Zerubabel memimpin mereka (539 S.M.). Ezra kembali belakangan bersama lebih banyak orang Yahudi (458 S.M.) Membangun Bait Allah.
  2. Nehemia - Membangun tembok Yerusalem. Nehemia mendapat ijin dari raja Persia untuk membangun kembali tembok-tembok tersebut (444 S.M.). Kebangunan di Israel.
  3. Ester - Menceritakan kejadian yang terjadi pada masa antara pasal 6 dan 7 dari kitab Ezra. Mordekai. Rencana untuk membunuh bangsa Israel.

Puisi - 5 kitab

  1. Ayub - Orang benar yang diuji oleh Allah. Berhadapan dengan kekuasaan Allah.
  2. Mazmur - Terdiri dari 5 bagian. Puji-pujian dalam bentuk lagu. Mencakup tema yang luas
  3. Amsal - Kebijakan praktis untuk masalah sehari-hari.
  4. Pengkotbah - Semuanya sia-sia. Kebijakan manusia adalah sia-sia.
  5. Kidung Agung - Nyanyian antara Salomo dan pengantin Shulammite-nya, menceritakan kasih antara seorang pria dan seorang wanita.

Nubuat - 17 kitab

Nabi-nabi besar - 5 kitab

  1. Yesaya - Melihat dosa Yehuda dan mengumumkan penghukuman Allah. Hizkia. Pemulihan dan berkat-berkat pada masa yang akan datang.
  2. Yeremia - Dipanggil Allah untuk mengumumkan berita penghakiman atas Yehuda, yang kemudian terjadi. Allah menetapkan Perjanjian Baru.
  3. Ratapan - 5 puisi ratapan. Mengisahkan kekalahan dan kejatuhan Yerusalem.
  4. Yehezkiel - Ia melayani kaum Israel dalam pembuangan di Babilonia. Mengisahkan akhir zaman.
  5. Daniel - Banyak penglihatan atas kejadian di masa depan yang terjadi baik terhadap kaum kafir maupun Israel.

Nabi-nabi kecil - 12 kitab

  1. Hosea - Kisah Hosea dan istrinya yang tidak setia, Gomer. Merepresentasikan kasih dan kesetiaan Allah atas perzinahan spiritual bangsa Israel. Israel akan dihukum dan dipulihkan.
  2. Yoel - Mengumumkan masa depan yang mengerikan dengan menggunakan perumpamaan belalang. Penghukuman akan terjadi tetapi berkat-berkat akan menyusul.
  3. Amos - Mengingatkan Israel akan penghakiman yang akan terjadi. Israel menolak peringatan Allah.
  4. Obaja - Pengumuman melawan Edom, negara tetangga Israel yang bergembira atas penghakiman atas Yerusalem. Nubuatan mengenai kehancuran mereka.
  5. Yunus - Yunus mengumumkan penghakiman yang akan datang terhadap Niniweh. Tetapi mereka bertobat dan penghakiman dibatalkan.
  6. Mikha - Deskripsi lengkap mengenai kebusukan moral di semua tingkatan masyarakat Israel. Allah akan menghakimi tetapi juga akan mengampuni dan memulihkan.
  7. Nahum - Niniweh telah murtad (sekitar 125 tahun sesudah Yunus) dan akan dihancurkan.
  8. Habakuk - Menjelang akhir kerajaan Yehuda, Habakuk bertanya kepada Allah mengapa Ia tidak bertindak atas dosa-dosa Yehuda. Allah menjawab Ia akan memakai tangan bangsa Babilonia. Habakuk bertanya bagaimana mungkin Allah memanfaatkan tangan suatu bangsa yang lebih busuk dari Yehuda.
  9. Zefanya - Temanya adalah seputar Hari Tuhan dan penghakimanNya serta berkat-berkat yang akan terjadi sesudahnya. Yudea tidak akan bertobat, kecuali beberapa gelintir sisanya, dan mereka akan dipulihkan.
  10. Hagai - Bangsa Israel gagal mengutamakan Allah, dengan membangun terlebih dahulu rumah mereka sendiri ketimbang Bait Allah. Karenanya, mereka tidak akan maju-maju.
  11. Zakharia - Zakharia memberi semangat kepada bangsa Yahudi untuk menyelesaikan pembangunan Bait Allah. Banyak nubuatan Mesianik.
  12. Maleakhi - Umat Allah tidak disiplin dalam menjalankan kewajiban mereka terhadap Allah. Semakin jauh dari Allah. Kompromistis dalam hal moral. Pengumuman akan penghakiman yang akan terjadi.

 

 

 

 
 
CARM ison