Siapakah yang menyampaikan permohonan sang Perwira kepada Yesus?

Jelas-jelas dikatakan bahwa sang Perwira datang kepada Yesus dalam Maitus 8:5, tetapi dikatakan pula bahwa tua-tua Yahudi juga datang kepada Yesus. Urutan kejadian permohonan sang Perwira tampaknya adalah dimulai dengan sang Perwira mengirimkan tua-tua Yahudi untuk terlebih dahulu memohon kepada Yesus (Lukas 7:3). Yesus setuju untuk pergi. Lalu sang Perwira menyusul datang sendiri kepada Yesus (Matius 8:5). Yesus berjalan ke mana Ia suka. Sang Perwira adalah orang yang berkuasa atas grup-grup tentara dalam Legiun Romawi yang masing-masing grupnya terdiri dari ratusan orang. 1 Karena itulah, sangat mungkin sang Perwira memiliki seekor kuda yang ditunggangi saat menjumpai Yesus. Dengan demikian, maka menjadi mungkin bahwa ia bisa pulang dengan cepat ke rumahnya dengan kuda itu juga, begitu sampai di rumah ia langsung memeriksa kondisi hambanya, lalu mengutus teman-temannya (Lukas 7:6) untuk mengatakan kepada Yesus bahwa sang Perwira merasa tidak layak menerima Yesus di rumahnya. Yesus terus berjalan. Lalu, ketika Yesus sudah dekat ke rumahnya, sang Perwira sendiri berjalan mendekati Yesus (Matius 8:8) untuk mengatakan bahwa ia tidak layak menerima Yesus di rumahnya.

Kejadian

Matius 8:5-13 Lukas 7:2-10
Hambanya sakit    2 Di situ ada seorang perwira yang mempunyai seorang hamba, yang sangat dihargainya. Hamba itu sedang sakit keras dan hampir mati  Tua-tua Yahudi mendesak Yesus
Tua-tua Yahudi mendesak Yesus   3 Ketika perwira itu mendengar tentang Yesus, ia menyuruh beberapa orang tua-tua Yahudi kepada-Nya untuk meminta, supaya Ia datang dan menyembuhkan hambanya. 4 Mereka datang kepada Yesus dan dengan sangat mereka meminta pertolongan-Nya, katanya: "Ia layak Engkau tolong,
5 sebab ia mengasihi bangsa kita dan dialah yang menanggung pembangunan rumah ibadat kami."  Perwira mendekati Yesus 
Perwira mendekati Yesus 5 Ketika Yesus masuk ke Kapernaum, datanglah seorang perwira mendapatkan Dia dan memohon kepada-Nya: 6 "Tuan, hambaku terbaring di rumah karena sakit lumpuh dan ia sangat menderita."  
Yesus pergi 7 Yesus berkata kepadanya: "Aku akan datang menyembuhkannya."  
Perwira mengirimkan temannya kepada Yesus   6 Lalu Yesus pergi bersama-sama dengan mereka. Ketika Ia tidak jauh lagi dari rumah perwira itu, perwira itu menyuruh sahabat-sahabatnya untuk mengatakan kepada-Nya: "Tuan, janganlah bersusah-susah, sebab aku tidak layak menerima Tuan di dalam rumahku;
7 sebab itu aku juga menganggap diriku tidak layak untuk datang kepada-Mu. Tetapi katakan saja sepatah kata, maka hambaku itu akan sembuh  Perwira mengatakan bahwa ia tidak layak
Perwira mengatakan bahwa ia tidak layak 8 Tetapi jawab perwira itu kepada-Nya: "Tuan, aku tidak layak menerima Tuan di dalam rumahku, katakan saja sepatah kata, maka hambaku itu akan sembuh.    
Sang Perwira berbicara masalah otoritas 9 Sebab aku sendiri seorang bawahan, dan di bawahku ada pula prajurit. Jika aku berkata kepada salah seorang prajurit itu: Pergi!, maka ia pergi, dan kepada seorang lagi: Datang!, maka ia datang, ataupun kepada hambaku: Kerjakanlah ini!, maka ia mengerjakannya." 8 Sebab aku sendiri seorang bawahan, dan di bawahku ada pula prajurit. Jika aku berkata kepada salah seorang prajurit itu: Pergi!, maka ia pergi, dan kepada seorang lagi: Datang!, maka ia datang, ataupun kepada hambaku: Kerjakanlah ini!, maka ia mengerjakannya."
Kata-kata Yesus dan hambanya disembuhkan 10 Setelah Yesus mendengar hal itu, heranlah Ia dan berkata kepada mereka yang mengikuti-Nya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya iman sebesar ini tidak pernah Aku jumpai pada seorangpun di antara orang Israel.
11 Aku berkata kepadamu: Banyak orang akan datang dari Timur dan Barat dan duduk makan bersama-sama dengan Abraham, Ishak dan Yakub di dalam Kerajaan Sorga
12 sedangkan anak-anak Kerajaan itu akan dicampakkan ke dalam kegelapan yang paling gelap, di sanalah akan terdapat ratap dan kertak gigi."
13 Lalu Yesus berkata kepada perwira itu: "Pulanglah dan jadilah kepadamu seperti yang engkau percaya." Maka pada saat itu juga sembuhlah hambanya.
9  Setelah Yesus mendengar perkataan itu, Ia heran akan dia, dan sambil berpaling kepada orang banyak yang mengikuti Dia, Ia berkata: "Aku berkata kepadamu, iman sebesar ini tidak pernah Aku jumpai, sekalipun di antara orang Israel!"

 

 

 

10 Dan setelah orang-orang yang disuruh itu kembali ke rumah, didapatinyalah hamba itu telah sehat kembali.

 

 

 


 

  • 1. "Orang seperti ini adalah anggota dari sekelompok elit pemimpin yang berwibawa dan menguasai militer." Achtemeier, Paul J., Th.D., Harper's Bible Dictionary, (San Francisco: Harper and Row, Publishers, Inc.) 1985.

 

 

 

 
 
CARM ison
 
 
CARM.org
Copyright 2014

CONTACT US:
CARM Office number: 208-466-1301
Office hours: M-F; 9-5 pm; Mountain Time
Email: [email protected]
Mailing Address: CARM, PO BOX 1353, Nampa ID 83653