Yesus atau Simon dari Kirene yang membawa salib Yesus?

  1. Simon orang Kirene
    1. (Matius 27:31-32) - "Sesudah mengolok-olokkan Dia mereka menanggalkan jubah itu dari pada-Nya dan mengenakan pula pakaian-Nya kepada-Nya. Kemudian mereka membawa Dia ke luar untuk disalibkan. 32Ketika mereka berjalan ke luar kota, mereka berjumpa dengan seorang dari Kirene yang bernama Simon. Orang itu mereka paksa untuk memikul salib Yesus."
    2. (Markus 15:20-21) - "Sesudah mengolok-olokkan Dia mereka menanggalkan jubah ungu itu dari pada-Nya dan mengenakan pula pakaian-Nya kepada-Nya.Kemudian Yesus dibawa ke luar untuk disalibkan.  21Pada waktu itu lewat seorang yang bernama Simon, orang Kirene, ayah Aleksander dan Rufus, yang baru datang dari luar kota, dan orang itu mereka paksa untuk memikul salib Yesus."
    3. (Lukas 23:26) - "Ketika mereka membawa Yesus, mereka menahan seorang yang bernama Simon dari Kirene, yang baru datang dari luar kota, lalu diletakkan salib itu di atas bahunya, supaya dipikulnya sambil mengikuti Yesus."
  2. Yesus
    1. (Yohanes 19:17) - "Sambil memikul salib-Nya Ia pergi ke luar ke tempat yang bernama Tempat Tengkorak, dalam bahasa Ibrani: Golgota.

Jawaban atas perbedaan ini sangatlah sederhana jika kita melihat ke dalam konteks masing-masing ayat. Yesus telah mengalami jam-jam siksaan fisik yang sangat traumatis bagi tubuhnya. Mohon perhatikan ayat-ayat berikut ini yang diurutkan menurut urutan siksaan-Nya dan perhatikanlah trauma fisik yang diderita-Nya sebelum Ia tiba pada salib-Nya.

    Berkeringat darah "Ia sangat ketakutan dan makin bersungguh-sungguh berdoa. Peluh-Nya menjadi seperti titik-titik darah yang bertetesan ke tanah." (Lukas 22:44).
    • Ia ditampar "Ketika Ia mengatakan hal itu, seorang penjaga yang berdiri di situ, menampar muka-Nya sambil berkata: "Begitukah jawab-Mu kepada Imam Besar?" 23Jawab Yesus kepadanya: "Jikalau kata-Ku itu salah, tunjukkanlah salahnya, tetapi jikalau kata-Ku itu benar, mengapakah engkau menampar Aku?" (Yohanes 18:22-23).
    • Ia ditinju dan dipukul "Lalu mulailah beberapa orang meludahi Dia dan menutupi muka-Nya dan meninju-Nya sambil berkata kepada-Nya: "Hai nabi, cobalah terka!" Malah para pengawalpun memukul Dia." (Markus 14:65).
    • Ia disesah "Lalu ia membebaskan Barabas bagi mereka, tetapi Yesus disesahnya lalu diserahkannya untuk disalibkan." (Matius 27:26).
    • Mahkota duri di atas kepala-Nya dan dipukul kepala-Nya "  Mereka menganyam sebuah mahkota duri dan menaruhnya di atas kepala-Nya, lalu memberikan Dia sebatang buluh di tangan kanan-Nya. Kemudian mereka berlutut di hadapan-Nya dan mengolok-olokkan Dia, katanya: "Salam, hai Raja orang Yahudi!" 30"Mereka meludahi-Nya dan mengambil buluh itu dan memukulkannya ke kepala-Nya. 31Sesudah mengolok-olokkan Dia mereka menanggalkan jubah itu dari pada-Nya dan mengenakan pula pakaian-Nya kepada-Nya. Kemudian mereka membawa Dia ke luar untuk disalibkan (Matius 27:29-31).

Orang terhukum harus memikul kayu salibnya sendiri ke tempat penyaliban. Yesus memang memikul salib-Nya pada awalnya, tetapi tidak sanggup membawanya terlalu jauh setelah trauma fisik yang baru saja Ia alami. Ia jatuh. Pada waktu jatuh itulah, tentara Roma menyuruh Simon dari Kirene membawa salib-Nya ke Golgota.

 

 

 

 
 
CARM ison
 
 
CARM.org
Copyright 2014

CONTACT US:
CARM Office number: 208-466-1301
Office hours: M-F; 9-5 pm; Mountain Time
Email: [email protected]
Mailing Address: CARM, PO BOX 1353, Nampa ID 83653