Ada berapa Allah, satu atau banyak?

  1. One God
    1. (Ulangan 6:4) - "Dengarlah, hai orang Israel: TUHAN itu Allah kita, TUHAN itu esa!"
    2. (Yesaya 43:10) - ". . . Sebelum Aku tidak ada Allah dibentuk, dan sesudah Aku tidak akan ada lagi."
    3. (Yesaya 44:6) - ". . . there is no God besides Me."
    4. (Yesaya 44:8) - ". . . Kamulah saksi-saksi-Ku! Adakah Allah selain dari pada-Ku? Tidak ada Gunung Batu yang lain, tidak ada Kukenal!"
  2. Many gods
    1. (Kejadian 1:26) - "Berfirmanlah Allah: "Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, . . ."
    2. (Kejadian 3:22) - "Berfirmanlah TUHAN Allah: "Sesungguhnya manusia itu telah menjadi seperti salah satu dari Kita, tahu tentang yang baik dan yang jahat; . . ."
    3. (Kejadian 11:7) - "Baiklah Kita turun dan mengacaubalaukan di sana bahasa mereka, sehingga mereka tidak mengerti lagi bahasa masing-masing."
    4. (1 Korintus 8:5) - "Sebab sungguhpun ada apa yang disebut "allah", baik di sorga, maupun di bumi--dan memang benar ada banyak "allah" dan banyak "tuhan" yang demikian."
    5. (1 Yohanes 5:8) - "Dan ada tiga yang memberi kesaksian di bumi): Roh dan air dan darah dan ketiganya adalah satu."

Alkitab mengatakan kepada kita bahwa hanya ada satu Allah (Yesaya 43:10; 44:6,8). Selain itu disebut-sebut juga "illah lain" seperti: Adramelekh dan Anamelekh (2 Raja-raja 17:31), Asyera (1 Raja-raja 18:19), Baal (Hakim-hakim 3:1), Kamos (Bilangan 21:29), Dagon (1 Samuel 5:2), Molekh (Imamat 18:21; 20:2-5), dll. Alkitab tidak berkontradiksi. Ketika Alkitab berbicara mengenai allah lain, Alkitab sedang membicarakan illah-illah palsu yang sama sekali tidak ada dalam realita. Galatia 4:8 mengatakan, "Dahulu, ketika kamu tidak mengenal Allah, kamu memperhambakan diri kepada allah-allah yang pada hakekatnya bukan Allah." Lihat juga Yesaya 37:19 dan Yeremia 2:11. Allah mengatakan kepada kita bahwa hanya Dia saja Allah yang sejati dan illah-illah lain yang diciptakan manusia tidak ada sama sekali, mereka hanya ada dalam pikiran manusia-manusia itu saja. Jadi, kita dapat melihat bahwa Alkitab tidak berkontradiksi dengn dirinya sendiri mengenai berapa banyak sesungguhnya Allah yang ada di semesta ini. Hanya satu.

Catatan: dalam ayat di kitab Kejadian dimana Allah mengatakan: "Baiklah Kita menjadikan..., Baiklah Kita turun...,  adalah bukti mengenai natur Trinitas dari Allah. Allah adalah pribadi Trinitas: Bapa, Anak, dan Roh Kudus. Bukan tiga Allah, tetapi hanya satu. Ada pihak-pihak yang bersikeras bahwa Trinitas itu politheistik. Tetapi hal ini tidak benar. Kaum Trinitarian percaya pada Allah yang tunggal.

 
 
About The Author

Matt Slick is the President and Founder of the Christian Apologetics and Research Ministry.