Buat apa Yesus datang?

  1. Menyatakan Bapa (Matius 11:27)
    1. "Semua telah diserahkan kepada-Ku oleh Bapa-Ku dan tidak seorangpun mengenal Anak selain Bapa, dan tidak seorangpun mengenal Bapa selain Anak dan orang yang kepadanya Anak itu berkenan menyatakannya."
  2. Menjadi tebusan bagi banyak orang (Matius 20:28)
    1. "sama seperti Anak Manusia datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang."
  3. Melayani (Matius 20:28)
    1. "sama seperti Anak Manusia datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang."
  4. Menyelamatkan dunia (Yohanes 3:17; Lukas 19:10)
    1. "Sebab Allah mengutus Anak-Nya ke dalam dunia bukan untuk menghakimi dunia, melainkan untuk menyelamatkannya oleh Dia"
  5. Memberitakan Injil Kerajaan Allah (Lukas 4:43)
    1. "Tetapi Ia berkata kepada mereka:'Juga di kota-kota lain Aku harus memberitakan Injil Kerajaan Allah sebab untuk itulah Aku diutus'."
  6. Membawa pertentangan (Lukas 12:51)
    1. "Kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk membawa damai di atas bumi? Bukan, kata-Ku kepadamu, bukan damai, melainkan pertentangan."
  7. Melakukan kehendak Bapa (Yohanes 6:38)
    1. "Sebab Aku telah turun dari sorga bukan untuk melakukan kehendak-Ku, tetapi untuk melakukan kehendak Dia yang telah mengutus Aku."
  8. Menyampaikan Firman dari Bapa (Yohanes 17:8)
    1. "Sebab segala firman yang Engkau sampaikan kepada-Ku telah Kusampaikan kepada mereka dan mereka telah menerimanya. Mereka tahu benar-benar, bahwa Aku datang dari pada-Mu, dan mereka percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku."
  9. Meberikan kesaksian tentang kebenaran (Yohanes 18:37)
    1. "Maka kata Pilatus kepada-Nya:'Jadi Engkau adalah raja?' Jawab Yesus: 'Engkau mengatakan, bahwa Aku adalah raja. Untuk itulah Aku lahir dan untuk itulah Aku datang ke dalam dunia ini, supaya Aku memberikan kesaksian tentang kebenaran; setiap orang yang berasal dari kebenaran mendengarkan suara-Ku.'"
  10. Untuk mati dan memusnahkan kuasa Iblis (Ibrani 2:14)
    1. "Karena anak-anak itu adalah anak-anak dari darah dan daging, maka Ia juga menjadi sama dengan mereka dan mendapat bagian dalam keadaan mereka, supaya oleh kematian-Nya Ia memusnahkan dia, yaitu Iblis, yang berkuasa atas maut."
  11. Membinasakan perbuatan-perbuatan Iblis (1 Yohanes 3:8)
    1. "Barang siapa yang tetap berbuat dosa, berasal dari Iblis, sebab Iblis berbuat dosa dari mulanya. Untuk inilah Anak Manusia menyatakan diri-Nya, yaitu supaya Ia membinasakan perbuatan-perbuatan Iblis itu."
  12. Untuk menggenapi hukum Taurat dan kitab para nabi (Matius 5:17)
    1. "Janganlah kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk meniadakan hukum Taurat atau kitab para nabi. Aku datang bukan untuk meniadakannya, melainkan untuk menggenapinya."
  13. Memberikan hidup yang kekal (Yohanes 10:10,28)
    1. "Pencuri datang hanya untuk mencuri dan membunuh dan membinasakan; Aku datang, supaya mereka mempunyai hidup, dan mempunyainya dalam segala kelimpahan...dan Aku memberikan hidup yang kekal kepada mereka dan mereka pasti tidak akan binasa sampai selama-lamanya dan seorangpun tidak akan merebut mereka dari tangan-Ku."
  14. Mengalami maut bagi semua manusia (Ibrani 2:9)
    1. "Tetapi Dia, yang untuk waktu yang singkat dibuat sedikit lebih rendah dari pada malaikat-malaikat, yaitu Yesus, kita lihat, yang oleh karena penderitaan maut, dimahkotai dengan kemuliaan dan hormat, supaya oleh kasih karunia Allah Ia mengalami maut bagi semua manusia"
  15. Menjadi Imam Besar (Ibrani 2:17)
    1. "Itulah sebabnya, maka dalam segala hal Ia harus disamakan dengan sudara-saudara-Nya, supaya Ia menjadi Imam Besar yang menaruh belas kasihan dan yang setia kepada Allah untuk mendamaikan dosa seluruh bangsa."
  16. Menebus dosa (Ibrani 2:17)
    1. "Itulah sebabnya, maka dalam segala hal Ia harus disamakan dengan saudara-saudara-Nya, supaya Ia menjadi Imam Besar yang menaruh belas kasihan dan yang setia kepada Allah untuk mendamaikan dosa seluruh bangsa."
  17. Memproklamasikan kebebasan kepada orang-orang percaya (Lukas 4:18)
    1. "Roh Tuhan ada pada-Ku, oleh sebab Ia telah mengurapi Aku, untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang miskin; dan Ia telah mengutus Aku untuk memberitakan pembebasan kepada orang-orang tawanan, dan penglihatan bagi orang-orang buta, untuk membebaskan orang-orang yang tertindas, untuk memberitakan tahun rahmat Tuhan telah datang."
  18. Untuk memberitakan tahun rahmat Tuhan telah datang (Lukas 4:19)
    1. "untuk memberitakan tahun rahmat Tuhan telah datang."
  19. Untuk menghakimi (Yohanes 9:39)
    1. "Kata Yesus:'Aku datang ke dalam dunia untuk menghakimi, supaya barangsiapa yang tidak melihat, dapat melihat, dan supaya barangsiapa yang dapat melihat, menjadi buta.'"
  20. Untuk menghapus segala dosa (1 Yohanes 3:5)
    1. "Dan kamu tahu, bahwa Ia telah menyatakan diri-Nya, supaya Ia menghapus segala dosa, dan di dalam Dia tidak ada dosa"
  21. Berkotbah (Markus 1:38)
    1. "Jawab-Nya: 'Marilah kita pergi ke tempat lain, ke kota-kota yang berdekatan, supaya di sana juga Aku memberitakan Injil, karena untuk itu Aku telah datang.'"
  22. Memanggil orang berdosa (Markus 2:17)
    1. "Yesus mendengarnya dan berkata kepada mereka:'Bukan orang sehat yang memerlukan tabib, tetapi orang sakit; Aku datang bukan untuk memanggil orang benar, melainkan orang berdosa'"
  23. Supaya kita mengenal Yang Benar (1 Yohanes 5:20)
    1. "Akan tetapi kita tahu, bahwa Anak Allah telah datang dan telah mengaruniakan pengertian kepada kita, supaya kita mengenal Yang Benar dan kita ada di dalam Yang Benar, di dalam Anak-Nya Yesus Kristus. Dia adalah Allah yang benar dan hidup yang kekal."
 
 

About The Author

Matt Slick is the President and Founder of the Christian Apologetics and Research Ministry.