Kapankah Yohanes mengetahui bahwa Yesus adalah Mesias?

  1. Di penjara (Matius 11:2-3) - "Di dalam penjara Yohanes mendengar tentang pekerjaan Kristus, 3lalu menyuruh murid-muridnya bertanya kepada-Nya: "Engkaukah yang akan datang itu atau haruskah kami menantikan orang lain?"
  2. Di penjara (Lukas 7:18-21) - "Ketika Yohanes mendapat kabar tentang segala peristiwa itu dari murid-muridnya, 19ia memanggil dua orang dari antaranya dan menyuruh mereka bertanya kepada Tuhan: "Engkaukah yang akan datang itu atau haruskah kami menantikan seorang lain?"  20Ketika kedua orang itu sampai kepada Yesus, mereka berkata: "Yohanes Pembaptis menyuruh kami bertanya kepada-Mu: Engkaukah yang akan datang itu atau haruskah kami menantikan seorang lain?" 21Pada saat itu Yesus menyembuhkan banyak orang dari segala penyakit dan penderitaan dan dari roh-roh jahat, dan Ia mengaruniakan penglihatan kepada banyak orang buta."
  3. Selagi dibaptis (Yohanes 1:29-31) - "Pada keesokan harinya Yohanes melihat Yesus datang kepadanya dan ia berkata: "Lihatlah Anak domba Allah, yang menghapus dosa dunia.  30Dialah yang kumaksud ketika kukatakan: Kemudian dari padaku akan datang seorang, yang telah mendahului aku, sebab Dia telah ada sebelum aku.  31Dan aku sendiripun mula-mula tidak mengenal Dia, tetapi untuk itulah aku datang dan membaptis dengan air, supaya Ia dinyatakan kepada Israel." 

Matius, Markus, dan Lukas dikenal sebagai Injil Sinoptik. Sinoptik artinya "mirip". Ketiganya begitu mirip dalam pendekatan mereka sewaktu menulis mengenai Yesus. Mereka lebih kronologis dibanding Yohanes dan sebagian besar dari mereka mengandung informasi yang sama. Tujuan dari Injil Yohanes bukanlah untuk menceritakan kehidupan Yesus secara kronologis. Melainkan, tujuannya adalah untuk menunjukkan bahwa Yesus adalah Anak Allah (Yohanes 20:31). Yohanes menggunakan pendekatan tematis dan menceritakan berbagai topik yang menunjukkan sifat ke-Illahi-an Kristus (Yohanes 1:1,14:8; 8:24,58; 10:30-33; 20:28)  

Ketika kita membaca Injil-Injil Sinoptik, kita dapat melihat bahwa bagian-bagiannya saling bertaut dengan baik. Yohanes, sebaliknya, tidaklah memperhatikan detil kronologi dan semata-mata hanya menyampaikan Yesus sebagai Kristus, ia memilih dan memilah topik-topik dalam kehidupan Kristus yang menunjang tujuan penulisannya. Sebagai contoh, Yohanes tidak menyebutkan sama sekali bahwa Yohanes Pembaptis telah ditangkap sebagaimana Injil-Injil lainnya (Matius 4:12; Markus 1:14; Lukas 3:19-20). Mengapa? Rasul Yohanes memang tidak bertujuan untuk menceritakan kronologi kehidupan Yohanes Pembaptis. Tujuan dia adalah meyakinkan pembacanya bahwa Yesus adalah Anak Allah (Yohanes 20:31). Sehingga, apa yang kita lihat dalam kitab Yohanes adalah ringkasan penyingkapan nubuat dari Allah tentang Yesus sebagai Anak Domba Allah yang menghapus dosa dunia. Untuk itulah Yohanes meringkaskan kisah pembaptisan Yesus guna melukiskan bahwa Dia adalah Kristus.

Jika dipaksakan maka harmonisasi dari Injil Matius, Lukas, dan Yohanes akan tampak kira-kira seperti tabel di bawah ini:

Kejadian Matius Lukas Yohanes 1
Yesus datang kepada Yohanes.

Yohanes berkata bahwa Yesus adalah Anak Domba Allah.

Matt. 3:13, Maka datanglah Yesus dari Galilea ke Yordan kepada Yohanes untuk dibaptis olehnya.  

1:29 Pada keesokan harinya Yohanes melihat Yesus datang kepadanya dan ia berkata: "Lihatlah Anak domba Allah, yang menghapus dosa dunia. 
1:30 Dialah yang kumaksud ketika kukatakan: Kemudian dari padaku akan datang seorang, yang telah mendahului aku, sebab Dia telah ada sebelum aku.
1:31 Dan aku sendiripun mula-mula tidak mengenal Dia, tetapi untuk itulah aku datang dan membaptis dengan air, supaya Ia dinyatakan kepada Israel."
1:32 Dan Yohanes memberi kesaksian, katanya: "Aku telah melihat Roh turun dari langit seperti merpati, dan Ia tinggal di atas-Nya.
1:33 Dan akupun tidak mengenal-Nya, tetapi Dia, yang mengutus aku untuk membaptis dengan air, telah berfirman kepadaku: Jikalau engkau melihat Roh itu turun ke atas seseorang dan tinggal di atas-Nya, Dialah itu yang akan membaptis dengan Roh Kudus.
1:34 Dan aku telah melihat-Nya dan memberi kesaksian: Ia inilah Anak Allah."

 

Yesus dibaptis 3:16 Sesudah dibaptis, Yesus segera keluar dari air dan pada waktu itu juga langit terbuka dan Ia melihat Roh Allah seperti burung merpati turun ke atas-Nya.    
Yohanes ditangkap 4:12 Tetapi waktu Yesus mendengar, bahwa Yohanes telah ditangkap, menyingkirlah Ia ke Galilea. 3:20 raja itu menambah kejahatannya dengan memasukkan Yohanes ke dalam penjara.  
Yohanes mendengar karya Kristus di dalam penjara 11:2 Di dalam penjara Yohanes mendengar tentang pekerjaan Kristus. 7:18 Ketika Yohanes mendapat kabar tentang segala peristiwa itu dari murid-muridnya.  
"Engkaukah yang akan datang itu?" 11:3 lalu menyuruh murid-muridnya bertanya kepada-Nya: "Engkaukah yang akan datang itu atau haruskah kami menantikan orang lain?" 7:19 ia memanggil dua orang dari antaranya dan menyuruh mereka bertanya kepada Tuhan: "Engkaukah yang akan datang itu atau haruskah kami menantikan seorang lain?"
20 Ketika kedua orang itu sampai kepada Yesus, mereka berkata: "Yohanes Pembaptis menyuruh kami bertanya kepada-Mu: Engkaukah yang akan datang itu atau haruskah kami menantikan seorang lain?"

 

 
 

About The Author

Matt Slick is the President and Founder of the Christian Apologetics and Research Ministry.