Adakah orang yang diangkat ke sorga sebelum Yesus?

  1. Ya 
    1. (Kejadian 5:24) - "Dan Henokh hidup bergaul dengan Allah, lalu ia tidak ada lagi, sebab ia telah diangkat oleh Allah."
    2. (2 Raja-raja 2:11) - "Sedang mereka berjalan terus sambil berkata-kata, tiba-tiba datanglah kereta berapi dengan kuda berapi memisahkan keduanya, lalu naiklah Elia ke sorga dalam angin badai."
    3. (Ibrani 11:5) - "Karena iman Henokh terangkat, supaya ia tidak mengalami kematian, dan ia tidak ditemukan, karena Allah telah mengangkatnya. Sebab sebelum ia terangkat, ia memperoleh kesaksian, bahwa ia berkenan kepada Allah."
  2. Tidak
    1. (Yohanes 3:13) - "Tidak ada seorangpun yang telah naik ke sorga, selain dari pada Dia yang telah turun dari sorga, yaitu Anak Manusia."

Jawabannya sederhana saja jika Saudara mengerti konsep orang Yahudi mengenai alam semesta. Mereka percaya akan 3 sorga (Bahasa Ibraninya: "Shamayim" yang dalam bahasa Indonesia diterjemahkan bergantian sebagai "sorga" atau "langit"). Yang pertama adalah langit atmosfer tempat pohon, awan, dan burung-burung. Yang kedua adalah lingkungan tempat bintang-bintang, planet-planet, matahari, dan bulan. Dan yang ketiga adalah sorga tempat Allah bertahta. Dalam Perjanjian Lama dalam Kejadian 5 dan 2 Raja-raja 2 di atas, mereka tidak dibawa ke sorga tempat Allah berada, tetapi ke atas langit. Tepatnya ke mana, masih diperdebatkan. Barulah setelah kebangkitan Kristus mereka yang telah mati sebelumnya, dalam iman, akan dibawa ke sorga yang ketiga yaitu tempat Allah bertahta. Efesus 4:8 sering dikutip untuk mendukung pendapat ini. Dikatakan bahwa, "Itulah sebabnya kata nas: "Tatkala Ia naik ke tempat tinggi, Ia membawa tawanan-tawanan; Ia memberikan pemberian-pemberian kepada manusia." Lebih jauh lagi, ketika Paulus mengatakan bahwa ia telah diangkat ke tingkat ketiga dari sorga (2 Korintus 12:2), ia sedang membicarakan sorga tempat tinggal Allah.

Demonstrasi Alkitabiah megenai ketiga sorga (Shamayim)

  1. Sorga pertama - Atmosfer bumi
    1. (Ulangan 11:17) - "Jika demikian, maka akan bangkitlah murka TUHAN terhadap kamu dan Ia akan menutup langit, sehingga tidak ada hujan dan tanah tidak mengeluarkan hasil, lalu kamu lenyap dengan cepat dari negeri yang baik yang diberikan TUHAN kepadamu."
    2. (Ulangan 28:12) - "TUHAN akan membuka bagimu perbendaharaan-Nya yang melimpah, yakni langit, untuk memberi hujan bagi tanahmu pada masanya dan memberkati segala pekerjaanmu, sehingga engkau memberi pinjaman kepada banyak bangsa, tetapi engkau sendiri tidak meminta pinjaman."
  2. Sorga kedua - Luar Angkasa
    1. (Mazmur 19:4,6) - "tetapi gema mereka terpencar ke seluruh dunia, dan perkataan mereka sampai ke ujung bumi. Ia memasang kemah di langit untuk matahari,... Dari ujung langit ia terbit, dan ia beredar sampai ke ujung yang lain;..."
    2. (Yeremia 8:2) - dan diserakkan di depan matahari, di depan bulan dan di depan segenap tentara langit yang dahulunya dicintai, diabdi, diikuti, ditanyakan dan disembah oleh mereka...."
  3. Sorga ketiga - tempat tinggal Allah
    1. (1 Raja-raja 8:27) - "Tetapi benarkah Allah hendak diam di atas bumi? Sesungguhnya langit, bahkan langit yang mengatasi segala langitpun tidak dapat memuat Engkau, terlebih lagi rumah yang kudirikan ini."
    2. (Mazmur 2:4) - Dia, yang bersemayam di sorga, tertawa; Tuhan mengolok-olok mereka."

 

 

 

 
 
CARM ison