Apakah ayam jantan berkokok satu atau dua kali sebelum Petrus menyangkal Yesus untuk yang ketiga kalinya?

  1. Menyangkal sebelum ayam berkokok
    1. (Matius 26:34, 74-75) - "Yesus berkata kepadanya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya malam ini, sebelum ayam berkokok, engkau telah menyangkal Aku tiga kali." . . . 74Maka mulailah Petrus mengutuk dan bersumpah: "Aku tidak kenal orang itu." Dan pada saat itu berkokoklah ayam. 75Maka teringatlah Petrus akan apa yang dikatakan Yesus kepadanya: "Sebelum ayam berkokok, engkau telah menyangkal Aku tiga kali." Lalu ia pergi ke luar dan menangis dengan sedihnya."
    2. (Lukas 22:34, 60-62) - "Tetapi Yesus berkata: "Aku berkata kepadamu, Petrus, hari ini ayam tidak akan berkokok, sebelum engkau tiga kali menyangkal, bahwa engkau mengenal Aku.". . . .60Tetapi Petrus berkata: "Bukan, aku tidak tahu apa yang engkau katakan." Seketika itu juga, sementara ia berkata, berkokoklah ayam. 61Lalu berpalinglah Tuhan memandang Petrus. Maka teringatlah Petrus bahwa Tuhan telah berkata kepadanya: "Sebelum ayam berkokok pada hari ini, engkau telah tiga kali menyangkal Aku."  62Lalu ia pergi ke luar dan menangis dengan sedihnya."
    3. (Yohanes 13:38) - "Jawab Yesus: "Nyawamu akan kauberikan bagi-Ku? Sesungguhnya Aku berkata kepadamu: Sebelum ayam berkokok, engkau telah menyangkal Aku tiga kali."
  2. Sebelum ayam berkokok dua kali
    1. (Markus 14:30) - "Lalu kata Yesus kepadanya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya pada hari ini, malam ini juga, sebelum ayam berkokok dua kali, engkau telah menyangkal Aku tiga kali."  

Jika ayam berkokok untuk kedua kalinya maka berarti ayam itu sudah pernah berkokok satu kali sebelumnya. Masalahnya adalah dalam kitab Markus, setelah Petrus menyangkal Tuhan untuk yang ketiga kalinya (Markus 14:71), dicatat bahwa seketika itu juga seekor ayam berkokok untuk yang kedua kalinya (ayat 72). Ketiga Injil lainnya mengatakan bahwa ayam itu berkokok setelah penyangkalan Petrus yang ketiga kalinya.  Bagaimana kita bisa merekonsiliasikan perbedaan ini?  

Markus sama sekali tidak menyinggung kapan ayam tersebut berkokok untuk pertama kalinya. Sehingga, mungkin sekali setelah penyangkalan Petrus yang ketiga, ayam tersebut berkokok dua kali sekaligus berturut-turut. Hal ini secara logika bisa saja terjadi.

Penyangkalan Petrus terhadap Kristus
Kejadian Matius 26:34-35, 69-75 Markus 14:30, 66-72 Lukas 22:34, 55-62 Yohanes 13:38 & 18:25-27
Yesus meramalkan bahwa Petrus akan menyangkal diri-Nyal 34Yesus berkata kepadanya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya malam ini, sebelum ayam berkokok, engkau telah menyangkal Aku tiga kali." 
35 Kata Petrus kepada-Nya: "Sekalipun aku harus mati bersama-sama Engkau, aku takkan menyangkal Engkau." Semua murid yang lainpun berkata demikian juga.
30 Lalu kata Yesus kepadanya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya pada hari ini, malam ini juga, sebelum ayam berkokok dua kali, engkau telah menyangkal Aku tiga kali."

 

34 Tetapi Yesus berkata: "Aku berkata kepadamu, Petrus, hari ini ayam tidak akan berkokok, sebelum engkau tiga kali menyangkal, bahwa engkau mengenal Aku."

 

38 Jawab Yesus: "Nyawamu akan kauberikan bagi-Ku? Sesungguhnya Aku berkata kepadamu: Sebelum ayam berkokok, engkau telah menyangkal Aku tiga kali."

 

pertanyaan pertama 69 Sementara itu Petrus duduk di luar di halaman. Maka datanglah seorang hamba perempuan kepadanya, katanya: "Engkau juga selalu bersama-sama dengan Yesus, orang Galilea itu." 66 Pada waktu itu Petrus masih ada di bawah, di halaman. Lalu datanglah seorang hamba perempuan Imam Besar, 
67 dan ketika perempuan itu melihat Petrus sedang berdiang, ia menatap mukanya dan berkata: "Engkau juga selalu bersama-sama dengan Yesus, orang Nazaret itu."
55 Di tengah-tengah halaman rumah itu orang memasang api dan mereka duduk mengelilinginya. Petrus juga duduk di tengah-tengah mereka. 
56 Seorang hamba perempuan melihat dia duduk dekat api; ia mengamat-amatinya lalu berkata: "Juga orang ini bersama-sama dengan Dia."
18:25 Simon Petrus masih berdiri berdiang. Kata orang-orang di situ kepadanya: "Bukankah engkau juga seorang murid-Nya?"

penyangkalan pertamal

70 Tetapi ia menyangkalnya di depan semua orang, katanya: "Aku tidak tahu, apa yang engkau maksud." 68 Tetapi ia menyangkalnya dan berkata: "Aku tidak tahu dan tidak mengerti apa yang engkau maksud." Lalu ia pergi ke serambi muka (dan berkokoklah ayam). 57 Tetapi Petrus menyangkal, katanya: "Bukan, aku tidak kenal Dia!" 25b Ia menyangkalnya, katanya: "Bukan."
pertanyaan kedua 71 Ketika ia pergi ke pintu gerbang, seorang hamba lain melihat dia dan berkata kepada orang-orang yang ada di situ: "Orang ini bersama-sama dengan Yesus, orang Nazaret itu." 69 Ketika hamba perempuan itu melihat Petrus lagi, berkatalah ia pula kepada orang-orang yang ada di situ: "Orang ini adalah salah seorang dari mereka."  58a Tidak berapa lama kemudian seorang lain melihat dia lalu berkata: "Engkau juga seorang dari mereka!" 26  Kata seorang hamba Imam Besar, seorang keluarga dari hamba yang telinganya dipotong Petrus: "Bukankah engkau kulihat di taman itu bersama-sama dengan Dia?"

penyangkalan kedual

72 Dan ia menyangkalnya pula dengan bersumpah: "Aku tidak kenal orang itu." 70a Tetapi Petrus menyangkalnya pula. 58b Tetapi Petrus berkata: "Bukan, aku tidak!"  
pertanyaan ketiga 73 Tidak lama kemudian orang-orang yang ada di situ datang kepada Petrus dan berkata: "Pasti engkau juga salah seorang dari mereka, itu nyata dari bahasamu." 70b Tidak lama kemudian orang-orang yang ada di situ berkata juga kepada Petrus: "Engkau ini pasti salah seorang dari mereka, apalagi engkau seorang Galilea!" 59 Dan kira-kira sejam kemudian seorang lain berkata dengan tegas: "Sungguh, orang ini juga bersama-sama dengan Dia, sebab ia juga orang Galilea."  

penyangkalan ketiga

74 Maka mulailah Petrus mengutuk dan bersumpah: "Aku tidak kenal orang itu." 71 Maka mulailah Petrus mengutuk dan bersumpah: "Aku tidak kenal orang yang kamu sebut-sebut ini!" 60a Tetapi Petrus berkata: "Bukan, aku tidak tahu apa yang engkau katakan."  
ayam berkokok 74 Dan pada saat itu berkokoklah ayam. 72a Dan pada saat itu berkokoklah ayam untuk kedua kalinya. 60b Seketika itu juga, sementara ia berkata, berkokoklah ayam. 27 Maka Petrus menyangkalnya pula dan ketika itu berkokoklah ayam.
Petrus menangis 75 Maka teringatlah Petrus akan apa yang dikatakan Yesus kepadanya: "Sebelum ayam berkokok, engkau telah menyangkal Aku tiga kali." Lalu ia pergi ke luar dan menangis dengan sedihnya. 72b  Maka teringatlah Petrus, bahwa Yesus telah berkata kepadanya: "Sebelum ayam berkokok dua kali, engkau telah menyangkal Aku tiga kali." Lalu menangislah ia tersedu-sedu. 61 Lalu berpalinglah Tuhan memandang Petrus. Maka teringatlah Petrus bahwa Tuhan telah berkata kepadanya: "Sebelum ayam berkokok pada hari ini, engkau telah tiga kali menyangkal Aku." 
62 Lalu ia pergi ke luar dan menangis dengan sedihnya.
 
Kejadian Matius 26 Markus 14 Lukas 22 Yohanes 13 & 18

 

 

 

 

 
 
CARM ison
 
 
CARM.org
Copyright 2014

CONTACT US:
CARM Office number: 208-466-1301
Office hours: M-F; 9-5 pm; Mountain Time
Email: [email protected]
Mailing Address: CARM, PO BOX 1353, Nampa ID 83653