Apakah para wanita itu menceritakan kembali apa yang telah terjadi?

  1. Mereka menceritakan kembali
    1. (Matius 28:8) - "Mereka segera pergi dari kubur itu, dengan takut dan dengan sukacita yang besar dan berlari cepat-cepat untuk memberitahukannya kepada murid-murid Yesus."
    2. (Lukas 24:9) - "Dan setelah mereka kembali dari kubur, mereka menceriterakan semuanya itu kepada kesebelas murid dan kepada semua saudara yang lain."
    3. (Yohanes 20:18) - "Maria Magdalena pergi dan berkata kepada murid-murid: "Aku telah melihat Tuhan!" dan juga bahwa Dia yang mengatakan hal-hal itu kepadanya."
  2. Mereka tidak menceritakan apa-apa
    1. (Markus 16:8) - "Lalu mereka keluar dan lari meninggalkan kubur itu, sebab gentar dan dahsyat menimpa mereka. Mereka tidak mengatakan apa-apa kepada siapapun juga karena takut."

Penjelasan terbaik adalah para wanita itu pada mulanya memang tidak menceritakan apa-apa (Markus 16:8) dan belakangan menceritakan kembali kepada para murid apa yang telah mereka lihat (Matius 28:8; Lukas 24:9). Masuk akal jika mereka pada mulanya begitu ketakutan dan tidak tahu apa yang harus dilakukan atau dikatakan. Tetapi kemudian, tentu saja, mereka menceritakan apa yang telah terjadi. Yohanes 20:18 merupakan catatan mengenai apa yang terjadi belakangan sesudah kejadian pada ayat-ayat lain di atas jadi tidak perlu dipermasalahkan.

Silakan baca Kronologi kebangkitan untuk melihat bagaimana ayat-ayat di atas dapat diharmonisasi.

 

 

 

 
 
CARM ison
 
 
CARM.org
Copyright 2014

CONTACT US:
CARM Office number: 208-466-1301
Office hours: M-F; 9-5 pm; Mountain Time
Email: [email protected]
Mailing Address: CARM, PO BOX 1353, Nampa ID 83653