Berapa pasang per jenis yang dibawa Nuh ke bahteranya, sepasang atau tujuh?

  1. Sepasang (Kejadian 6:19-20) - "Dan dari segala yang hidup, dari segala makhluk, dari semuanya haruslah engkau bawa satu pasang ke dalam bahtera itu, supaya terpelihara hidupnya bersama-sama dengan engkau; jantan dan betina harus kaubawa.  20Dari segala jenis burung dan dari segala jenis hewan, dari segala jenis binatang melata di muka bumi, dari semuanya itu harus datang satu pasang kepadamu, supaya terpelihara hidupnya."
  2. Tujuh (Kejadian 7:2-3) - "Dari segala binatang yang tidak haram haruslah kauambil tujuh pasang, jantan dan betinanya, tetapi dari binatang yang haram satu pasang, jantan dan betinanya; 3juga dari burung-burung di udara tujuh pasang, jantan dan betina, supaya terpelihara hidup keturunannya di seluruh bumi."

Kejadian 6:19-20 hanya menyuruh Nuh untuk memelihara kehidupan sepasang dari tiap jenis binatang. Sementara Kejadian 7:2-3 adalah informasi tambahan dimana dari binatang yang tidak haram harus diambil tujuh pasang. Alasannya adalah, enam pasang binatang tambahan ini akan dipakai untuk persembahan kepada Allah. "Lalu Nuh mendirikan mezbah bagi TUHAN; dari segala binatang yang tidak haram dan dari segala burung yang tidak haram diambilnyalah beberapa ekor, lalu ia mempersembahkan korban bakaran di atas mezbah itu." (Kejadian 8:20)

Berdasarkan logika, memiliki tujuh pasang juga berarti memiliki minimal 2 pasang yang harus dipelihara hidupnya, karena dua termasuk dalam tujuh. Jika salah satu ayat mengatakan hanya boleh mengambil sepasang sementara yang lain mengatakan tujuh pasang, baru ada kontradiksi.

 

 

 

 
 
CARM ison
 
 
CARM.org
Copyright 2014

CONTACT US:
CARM Office number: 208-466-1301
Office hours: M-F; 9-5 pm; Mountain Time
Email: [email protected]
Mailing Address: CARM, PO BOX 1353, Nampa ID 83653