Berapa pemuda atau malaikat yang muncul di kubur Yesus?

  1. Malaikat Tuhan di atas batu (Matius 28:1-2) - "Setelah hari Sabat lewat, menjelang menyingsingnya fajar pada hari pertama minggu itu, pergilah Maria Magdalena dan Maria yang lain, menengok kubur itu. 2Maka terjadilah gempa bumi yang hebat sebab seorang malaikat Tuhan turun dari langit dan datang ke batu itu dan menggulingkannya lalu duduk di atasnya."
  2. Seorang muda (Markus 16:5) - "Lalu mereka masuk ke dalam kubur dan mereka melihat seorang muda yang memakai jubah putih duduk di sebelah kanan. Merekapun sangat terkejut,"
  3. Dua orang (Lukas 24:4) - "Sementara mereka berdiri termangu-mangu karena hal itu, tiba-tiba ada dua orang berdiri dekat mereka memakai pakaian yang berkilau-kilauan."
  4. Dua malaikat (Yohanes 20:1-2, 12) - "Pada hari pertama minggu itu, pagi-pagi benar ketika hari masih gelap, pergilah Maria Magdalena ke kubur itu dan ia melihat bahwa batu telah diambil dari kubur.  2Ia berlari-lari mendapatkan Simon Petrus dan murid yang lain yang dikasihi Yesus, dan berkata kepada mereka: "Tuhan telah diambil orang dari kuburnya dan kami tidak tahu di mana Ia diletakkan."...  12dan tampaklah olehnya dua orang malaikat berpakaian putih, yang seorang duduk di sebelah kepala dan yang lain di sebelah kaki di tempat mayat Yesus terbaring."

Tidak ada kontradiksi sama sekali.  Seorang malaikat Allah menggulingkan batu penutup kubur lalu duduk di atasnya di luar kubur (Matius 28:2). Kedua orang yang dimaksud oleh Lukas 24:4 adalah para malaikat sebagaimana dicatat oleh Yohanes 20:12. Markus 16:5 juga bukan kontradiksi karena jika memang ada dua malaikat dalam kubur, maka paling tidak memang ada satu yang bisa dicatat. Yang duduk di sebelah kananlah yang dicatat. Karena itulah, kita bisa melihat bahwa memang ada satu malaikat di luar dan dua di dalam kubur.

 

 

 

 
 
CARM ison