Siapakah yang membeli Yusuf, orang Ismail atau orang Midian?

  1. Ismael (Kejadian 37:28) - "Ketika ada saudagar-saudagar Midian lewat, Yusuf diangkat ke atas dari dalam sumur itu, kemudian dijual kepada orang Ismael itu dengan harga dua puluh syikal perak. Lalu Yusuf dibawa mereka ke Mesir. (Kejadian 37:28 TB)."
  2. Midian (Kejadian 37:36) - "Adapun Yusuf, ia dijual oleh orang Midian itu ke Mesir, kepada Potifar, seorang pegawai istana Firaun, kepala pengawal raja."
  3. Ismael (Kejadian 39:1) - "Adapun Yusuf telah dibawa ke Mesir; dan Potifar, seorang Mesir, pegawai istana Firaun, kepala pengawal raja, membeli dia dari tangan orang Ismael yang telah membawa dia ke situ."

Menurut Achtemeier, Paul J., Th.D., Harper's Bible Dictionary, (San Francisco: Harper and Row, Publishers, Inc.) 1985, istilah "Ismael" adalah sinonim dari "Midian."  Keduanya sangat mungkin merupakan acuan kepada kelompok suku yang sama yang lebih umum yang merupakan keturunan dari Abraham. Imael diturunkan dari Hagar (Kejadian 16), seorang budaknya. Orang Midian merupakan keturunan Midian, seorang anak laki-laki Abraham dari gundiknya Ketura (Kejadian 25:1-2). Sebagai tambahan, "Istilah Midian kemungkinan diidentifikasikan sebagai suatu perserikatan suku-suku yang mengembara hingga jauh dari tanah kelahiran nenek moyang mereka, pemakaian istilah Midian dengan cara ini menjelaskan mengapa Alkitab menulis tentang orang Midian di Sinai, Kanaan, Lembah Yordan, Moab, dan di padang pasir sebelah timur Trans Yordan." (Achtemeier, Paul J., Th.D., Harper's Bible Dictionary)

 

 

 

 
 
CARM ison
 
 
CARM.org
Copyright 2014

CONTACT US:
CARM Office number: 208-466-1301
Office hours: M-F; 9-5 pm; Mountain Time
Email: [email protected]
Mailing Address: CARM, PO BOX 1353, Nampa ID 83653