Kepada siapa Yesus pertama kali menghadap setelah Ia ditangkap, Hanas atau Kayafas?

  1. Dibawa ke Kayafas (Matius 26:57) - "Sesudah mereka menangkap Yesus, mereka membawa-Nya menghadap Kayafas, Imam Besar. Di situ telah berkumpul ahli-ahli Taurat dan tua-tua."
  2. Dibawa dari Hanas ke Kayafas (Yohanes 18:19,24) - "Maka mulailah Imam Besar menanyai Yesus tentang murid-murid-Nya dan tentang ajaran-Nya. . . 24Maka Hanas mengirim Dia terbelenggu kepada Kayafas, Imam Besar itu."

Pada masa hidup Yesus di dunia memang terdapat dua Imam Besar: Hanas dan Kayafas.  Lukas 3:2 mengatakan, "pada waktu Hanas dan Kayafas menjadi Imam Besar, datanglah firman Allah kepada Yohanes, anak Zakharia, di padang gurun."  Demikian juga dalam Kisah Para Rasul 4:5-6, "Pada keesokan harinya pemimpin-pemimpin Yahudi serta tua-tua dan ahli-ahli Taurat mengadakan sidang di Yerusalem; 6dengan Imam Besar Hanas dan Kayafas, Yohanes dan Aleksander dan semua orang lain yang termasuk keturunan Imam Besar."  Yohanes 18:19 mengatakan bahwa Imam Agung menanyai Yesus dan dalam ayat 24 dikatakan bahwa Hanas (Imam Besar dalam ayat 19), mengirim Yesus ke Kayafas yang juga adalah Imam Besar. Lebih jauh lagi, ketika Matius 26:57 mengatakan bahwa Yesus dibawa kepada Kayafas, ayat (kalimat) ini sama sekali tidak menutup kemungkinan bahwa Ia telah terlebih dahulu bertemu Hanas (terjemahan yang lebih baik dalam Alkitab Bahasa Inggris akan lebih memudahkan Anda memahami ayat ini yaitu: "Then those who had seized Jesus led him to Caiaphas..." = "Lalu mereka yang telah menangkap Yesus itu membawa-Nya ke Kayafas...").

Karena itulah, Hanas-lah yang pertama kali bertemu Yesus lalu dia mengirim Yesus ke Kayafas.

 
 

About The Author

Matt Slick is the President and Founder of the Christian Apologetics and Research Ministry.